Minggu, 19 Oktober 2014

Jurnal Etika Bisnis

Jurnal 1

Nama          : Desy Komalasari
Judul          : Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas
                     Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Tahun        : 2008
Tempat      : Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-                            2011
Kata Kunci : mekanisme corporate governance, ukuran perusahaan, profitabilitas perusahaan,                                   pengungkapan corporate social responsibility


       Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh mekanisme corporate governance yang meliputikomposisi dewan komisaris independen, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial; ukuran perusahaan dan profitabilitas perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility baik secara simultan maupun parsial pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa Efek Indonesiaselama tahun 2008-2011. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel. Hasil pengujianempiris menunjukkan bahwa secara simultan variabel komposisi dewan komisaris independen,kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan dan profitabilitas perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Koefisien determinasi(R 2) menunjukkan bahwa variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 93.21%,sedangkan sisanya sebesar 6.79% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan pengujian secara parsialmenunjukkan hasil bahwa hanya ukuran perusahaan yang berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility, sedangkan komposisi dewan komisaris independen, kepemilikaninstitusional, kepemilikan manajerial dan profitabilitas perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility


Jurnal 2

Nama          : Bob Sifias Reagan
Judul          :  Etika Bisnis Dalam Mobile Marketing

Tahun        : 2014
Tempat      : Studi Deskriptif Kualitatif pada Jualan Branded Group dan Apriliza Shop
Kata Kunci : Etika bisnis, mobile marketing, reseller fashion

             Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengidentifikasikan, dan menganalisis  penerapan etika bisnis dalam Mobile Marketing yang dilakukan oleh reseller  fashion melalui Blackberry Messenger (BBM). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan fokus  penelitian mengamati etika bisnis ditinjau dari sudut pandang reseller  bisnis dan konsumen reseller fashion dalam group BBMsserta menemukan model etika  bisnis dalam mobile marketing . Informan dalam penelitian ini adalah Jualan Branded Groub dan Apriliza Shop sebagai reseller fashion. Sedangkan untuk analisis data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bisnis reseller fashion juga memerlukan etika bisnis. Etika bisnis menjadi semakin penting ketika kegiatan  bisnis dilakukan secara online karena transaksi berlangsung secara tidak tatap muka, seperti bisnis reseller fasion adalah kejujuran, tanggung jawab, bersaing secara sehat, responsif, ramah, peduli dengan pelanggan, dedikasi yang tinggi. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa reseller fashion percaya dengan menerapkan etika bisnis dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan loyalitas dari konsumen. Dan adanya peningkatan penjualan seiring dengan meningkatnya kepercayaan konsumen dan loyalitas konsumen terhadap
reseller fashion

Jurnal 3

Nama          : Agus Garnida
Judul          :  Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di                                   Lingkungan Yayasan Taruna Bakti Bandung

Tahun        :
Tempat      : Studi Terhadap Persepsi Pegawai di Lingkungan Yayasan Taruna Bakti
Kata Kunci : Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai


          Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat budaya organisasi, kepuasan kerja pegawai, dan kinerja pegawai di lingkungan Yayasan Taruna Bakti Bandung; menganalisis dan mengukur adakah pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai di lingkungan Yayasan Taruna Bakti Bandung; menganalisis dan mengukur adakah pengaruh kepuasan kerja pegawai terhadap kinerja pegawai di lingkungan Yayasan Taruna Bakti Bandung; serta menganalisis dan mengukur adakah pengaruh budaya organisasi dan kepuasan kerja pegawai terhadap kinerja pegawai di lingkungan Yayasan Taruna Bakti Bandung. 
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan eksplanatori survei. Teknik sampling yang digunakan simple random sampling (SRS). Instrumen penelitian utama menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. 
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa hubungan budaya organisasi dengan kinerja pegawai berada pada kisaran yang sedang. Hubungan kepuasan kerja dengan kinerja pegawai berada pada kisaran yang kuat. Hubungan budaya organisasi dan kepuasan kerja dengan kinerja pegawai berada pada kisaran yang sangat kuat. Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; serta budaya organisasi dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai secara simultan. Kepuasan kerja memberikan pengaruh lebih besar terhadap kinerja pegawai dibandingkan dengan budaya organisasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar